0
Cara Meningkatkan Semangat Belajar - Semakin banyak dan tepat motivasi belajar yang diperoleh siswa maka akan semakin menunjang keberhasilan belajar yang dilakukan siswa yang bersangkutan. Menurut para ahli pendidikan, semakin kuat motivasi yang mendorong untuk belajar semakin tinggi hasil belajar yang mungkin untuk dicapai. Semakin penting arti suatu aktivitas bagi pemecahan kebutuhan tertentu semakin keras usaha yang dilakukan. Dan pendapat tersebut, maka untuk belajar dengan baik diperlukan motivasi. Makin tepat motivasi yang kita berikan kemungkinan makin berhasil belajarnya.

Menurut para ahli pendidikan, motivasi memiliki tiga fungsi, yaitu:

  1. Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak dalam setiap tingkah laku, 
  2. Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai, dan 
  3. Menyelesaikan perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dijalankan yang serasi guna mencapai tujuan itu dengan mengesampingkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan.

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi berfungsi sebagai pendorong dan penggerak manusia dalam berbuat, penentu perbuatan, dan dapat menyeleksi perbuatan manusia. Adanya motivasi dalam diri manusia selama proses belajar mengajar adalah penting untuk mencapai tingkat keberhasilan belajarnya. Adanya intensitas motivasi dalam diri siswa, akan sangat menentukan pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk itu guru harus dapat memberikan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa seoptimal mungkin melalui keterampilan-keterampilan mengajar yang dikuasai dan dimilikinya.
Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Bagi siswa–siswi yang merasa sulit untuk menumbuhkan motivasi belajar dalam dirinya, ada beberapa tips yang dapat membantu mempertahankan semangat belajar yang tinggi.

Semangat belajar bukan hanya ketika menjelang ujian sekolah saja, akan tetapi semangat belajar harus terus dipupuk dari seja usia kanak-kanak hingga usia menjelang tua. Beberapa Tips semangat belajar yang bisa di terapkan di antaranya yaitu :

1. Buat Target
Buat target jangka panjang dan menengah,target jangka panjang yaitu anda ingin menjadi apa atau apa cita-cita anda dan sebagainya. Target jangka menengah yaitu apa yang ingin anda capai dalam 5 tahun atau 7 tahun mendatang, misalkan anda ingin target dalam 5 tahun menjadi seorang professor,maka anda harus focus dan membuat target sebaik mungkin.

2. Buat target target antara
Maksud nya yaitu sasaran lompatan kecil yang menuju ke target jangka menengah dan panjang. Misalkan di dalam sekolah tidak boleh ada mata pelajaran yg di ulang atau remedial, dan contoh lain sebagainya.

3. Pasang target di kamar
Agar selalu di ingat semua target yang anda inginkan, maka lebih baik target anda tersebut di tempel di dinding atau di buat hiasan kamar atau madding kecil di kamar, agar selalu anda lihat dan di ingat ok.

4. Memberi tanda bacaan
Agar semangat anda saat membaca menjadi lebih asyik,maka di dalam tulisan atau buku bacaan anda di beri tanda catatan atau stiker agar mudah di baca ulang dan lebih menarik. Dan anda juga bisa langsung tahu bagian mana yang penting ketika mulai membaca.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top