0
Memasuki semester baru, siswa-siswi SMA dan sederajat mulai disibukkan dengan kegiatan mempersiapkan ujian nasional (UN) dan masuk perguruan tinggi. Salah satunya, yakni mengikuti berbagai try out atau uji coba yang diselenggarakan oleh sekolah, lembaga bimbingan belajar, hingga ikatan mahasiswa dari setiap universitas di suatu kota.

Secara umum, mengikuti try out di luar sekolah tidak bisa dilakukan secara cuma-cuma. Namun, mengeluarkan sejumlah uang untuk ikut try out tentu lebih bermanfaat ketimbang digunakan untuk hura-hura semata. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diambil setelah ikut try out.

1. Memperkaya latihan soal
Latihan adalah cara terbaik untuk belajar. Semakin banyak latihan semakin baik. Ketika mengikuti berbagai try out, kamu tidak hanya latihan soal dari lingkup sekolah, tapi juga soal-soal universitas yang relatif lebih rumit.

2. Melatih manajemen waktu
Waktu ujian sangat terbatas. Apalagi, ujian masuk universitas merupakan salah satu penentu masa depan sehingga tak bisa diselesaikan seenaknya. Kamu membutuhkan strategi manajemen waktu yang baik supaya soal-soal selesai dikerjakan secara tepat waktu.

3. Evaluasi kemampuan
Dengan mengerjakan berbagai try out, kamu bisa mengevaluasi kemampuanmu sendiri. Ingat-ingat tipe soal yang tidak bisa dikerjakan untuk dipelajari lebih lajut. Selain itu, nilai yang diperoleh juga bisa menjadi tolok ukur kemampuanmu dibandingkan dengan peserta try out lainnya.

4. Mengetahui tipe soal
Khusus untuk try out ujian mandiri, setiap kampus punya tipe soal yang berbeda. Oleh karena itu, jika kamu berniat masuk ke salah satu universitas negeri melalui jalur mandiri, jangan lewatkan untuk mengikuti try out-nya. Dengan demikian kamu bisa mengantisipasi jenis-jenis soal yang akan diujikan nanti.

5. Menguatkan mental
Suasana try out dibuat sedemikian rupa dengan ujian sesungguhnya. Bagi kamu yang masih grogi saat mengerjakan ujian, ikutilah try out sebanyak mungkin untuk membiasakan diri dengan suasana ujian.

6. Prediksi
Hasil try out bisa menjadi prediksi apakah kamu bisa lolos ujian atau tidak. Misalnya, jika namamu berhasil masuk dalam 100 besar nilai terbaik, maka saat ujian yang sesungguhnya nanti kamu punya semangat untuk bisa menaikkan skor supaya bisa lebih baik lagi dan berhasil lolos seleksi.    

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top