0
SMANSAKA-Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMAN 1 Kauman Tulungagung melaksanakan sosialisasi. Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah wali murid kelas X sampai kelas XII. Pertemuan dengan para wali murid tersebut untuk menjelaskan teknis UNBK serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan.



Kepala SMAN 1 Kauman Tulungagung, Muji Rahayu, S.Pd, M.Pd menjelaskan kepada wali murid  terkait pelaksanaan UNBK. Sosialisasi tersebut sengaja dilaksanakan pihak sekolah dan komite dengan harapan wali murid paham dan bisa terjalin kerjasama dengan baik.



Dijelaskan, ada beberapa sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk UNBK, terutama adalah komputer,jaringan internet beserta perangkat pendukung lainnya. Jika dilihat dari jumlah peserta UNBK, jumlah komputer yang harus disediakan sebanyak 160 unit. Sementara untuk server dibutuhkan minimal 4 unit. Karena setiap satu unit server akan digunakan oleh 40 orang siswa.



“Untuk pelaksanaan UNBK, banyak hal yang harus kita siapkan, bukan saja masalah materi ujian, tapi juga masalah sarana dan prasarana,” beber Kepala SMAN 1 Kauman, Bapak Muji Rahayu, S.Pd, M.Pd
UNBK akan dilaksanakan selama enam hari dengan enam mata pelajaran yang diujikan. Dalam sehari, hanya satu mata pelajaran yang diujikan.
Terkait persiapan materi ujian, berbagai persiapan sudah dilakukan. Salah satunya adalah mengenalkan siswa tentang tata cara penggunaan IT. Khusus untuk mata pelajaran TIK, siswa hanya difokuskan untuk membuka aplikasi UNBK.




Meski UNBK perdana dilaksanakan di SMAN 1 Kauman, namun pihak sekolah optimis akan meraih hasil yang memuaskan,dan juga merasa yakin, persiapan sarana dan prasarana akan tuntas satu bulan sebelum hari pelaksanaan.
Kita berharap agar para siswa giat dan semangat untuk belajar. Karena UNBK adalah murni hasil pemikiran siswa. Tidak ada celah bagi guru untuk membantu siswa,oleh karena itu diminta orangtua murid ikut membantu mengawasi serta memotivasi anak untuk belajar.
Keberhasilan UNBK tergantung dari kerjasama kita semua. Dimulai dari siswa, orangtua dan juga guru.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top