0
SMANSAKA  SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung untuk pertama kalinya melaksanakan ujian semester berbasis online. Namun pada ujian semester ganjil ini hanya siswa kelas XII saja yang difokuskan untuk melaksanakan ujian semester secara online, sedangkan bagi kelas X dan XI, ujian semester dilaksanakan secara manual. Hal ini dikarenakan agar kelas XII terbiasa dan tidak kaget ketika UNBK tahun 2017 nanti.  

Ujian online pada ujian semester ganjil Tahun Pelajaran 2016 – 2017 dikembangkan oleh Tim IT  SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung menggunakan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan ketercapaian target pembelajaran.
Ketua panitia ujian semester ganjil online 2016, Drs. Maryani,M.Pd dan juga selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kependidikan menuturkan bahwa ujian  semester ganjil online 2016 dilaksanakan sebagai salah satu alat pengukuran ketercapaian pembelajaran yang paling akurat, karena melalui ujian  semester ganjil online soal yang diberikan akan diacak secara random oleh sistem sehingga antar peserta didik tidak akan memperoleh soal yang sama demi meminimalisir tingkat kecurangan (mencontek). Soal yang diberikan pun ditelaah oleh Tim Kurikulum SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung sehingga setiap peserta didik akan tetap mendapatkan soal dengan bobot kompetensi inti / dasar yang sama.

Ujian semester secara online ini dilakukan dalam 5 sesi setiap harinya dengan menggunakan 2  ruang ujian. Peserta ujian sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia dan penanggung jawab ruangan demi kelancaran ujian ini. Masing-masing ruangan dikoordinatori oleh dua orang penanggungjawab yang bertugas mengatur pelaksanaan ujian. Aplikasi yang digunakan pada semester ini juga masih terbilang baru bagi siswa dan guru-guru namun atas kegigihan dan kerjasama yang baik dari semua pihak, ujian semester ganjil berbasis online bagi kelas XII ini dapat dilaksanakan. Segenap keluarga besar SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung berharap semoga ujian semester ini berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti hingga jadwal ujian pada hari terakhir.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top