0
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online. Melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah semakin dekat, setiap sekolah sudah diharuskan mempersiapkan diri guna menghadapi rangkaian kegiatan pelaksanaan UNBK di sekolah. 
Salah satu kegiatannya ialah melaksanakan simulasi, hal tersebut berkaitan dengan kelancaraan pelaksanaan UNBK inti. Oleh karenanya, sebelum simulasi UNBK, sekolah sudah diharuskan melakukan sinkronisasi server UNBK. 

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top