0
TULUNGAGUNG- SMA Negeri  1 Kauman memperingati hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) , Sabtu (21/04/2018). Seluruh warga SMA Negeri 1 Kauman mengenakan pakaian adat jawa untuk memperingati hari besar nasional tersebut. Acara peringatan kedua hari besar nasional ini didukung oleh Bapak Kepala Sekolah Drs.H.Abd.Rouf,M.Pd dan semua guru SMA Negeri 1 Kauman serta Osis SMAN 1 KAUMAN.
Hari Kartini adalah hari untuk memperingati kelahiran Raden Adjeng Kartini atau sering juga dikenal dengan R.A. Kartini. R.A.Kartini merupakan seorang pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia, khususnya kaum pribumi.
Sedangkan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) merupakan hari yang memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara adalah tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.
"Emansipasi Wanita Menjadikan Wanita Berkualitas" merupakan tema yang diusung SMA Negeri 1 Kauman untuk memeriahkan acara  peringatan kedua hari besar nasional ini.
Acara peringatan kedua hari besar nasional  ini dilaksanakan secara bersamaan dikarenakan waktu yang terpaut amat dekat. Acara ini juga merupakan salah satu program kerja OSIS SMA Negeri 1 Kauman yang dilakukan setiap tahunnya.
Acara diawali dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, baik siswa siswi maupun guru-guru SMA Negeri 1 Kauman. Upacara dipimpin langsung oleh ibu Susilaningtyas, S.Pd.  Upacara berlangsung dengan sangat khidmat karena antusias dari para siswa siswi untuk memperingati kedua hari besar nasional ini. Yang bertugas dalam upacara kali ini adalah para siswi-siswi SMA Negeri 1 Kauman yang telah dipilih, hal ini dilakukan karena wanita dan laki laki memiliki derajad yang sama. Wanita juga layak dan berhak untuk mendapat pendidikan seperti laki-laki agar mereka memiliki masa depan yang berguna bagi dirnya dan lingkungan disekitarnya.
Setelah upacara pembukaan kegiatan selanjutnya adalah lomba-lomba antar kelas. Lomba tersebut diikuti oleh siswa–siswi kelas 10 dan 11, tujuannya untuk memeriahkan acara peringatan hari besar nasional ini dan melatih kekompakan siswa dalam kelas. Lomba tersebut antara lain fashion Kartini Kartono, lomba makan kerupuk, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba egrang, lomba tarik tambang setra lomba memasak bagi para siswa.
Peringatan hari kartini dan HARDIKNAS SMA Negeri 1 Kauman diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Diharapkan peringatan seperti ini akan semakin baik kedepannya sehingga dapat menambah rasa nasionalisme pada siswa.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top