0
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (sering disingkat sebagai MPLS) merupakan acara yang wajib diikuti oleh para siswa baru SMA Negeri I Kauman. Program ini dilaksanakan oleh MPK dan berlangsung selama 5 hari.
Latar belakang dan tujuan
MPLS muncul sebagai bentuk pengenalan lingkungan SMA Negeri I Kauman kepada para siswa baru. Selama MPLS, para siswa diajak untuk mengenali lebih dekat beberapa hal berikut:

Peraturan-peraturan dasar yang ada di SMA Negeri I Kauman
Seperti pada setiap institusi dan organisasi, SMA Negeri I Kauman juga memiliki peraturan yang harus diketahui dan ditaati oleh murid-muridnya. Dalam hal ini, melalui MPLS para siswa baru diajak untuk mengenal peraturan-peraturan dasar yang ada di SMA Negeri I Kauman sehingga ketika masuk ke masa aktif akademik para siswa telah mengetahui dan menaati peraturan-peraturan tersebut.

Organisasi MPK dan OSIS
MPK atau OSIS merupakan suatu organisasi bagi siswa-siswi SMA Negeri I Kauman. Kedua organisasi ini diperkenalkan melalui MPLS agar para siswa tahu dasar-dasar berorganisasi. Beberapa hal yang diajarkan adalah mengenai struktur organisasi, acara yang dibuat dan program kerja.

Para guru dan karyawan
Sebagai anggota komunitas SMA Negeri I Kauman, para murid akan dibimbing oleh para guru selama mereka bersekolah di SMA Negeri I Kauman. Oleh sebab itu melalui MPLS, para murid baru diharapkan dapat mengenal lebih jauh anggota pengajar atau pembimbing tersebut. Selama MPLS, para guru akan menjadi mentor untuk beberapa sesi MPLS. Selain itu para murid dapat mengenal guru dan karyawan dalam sesi kekerabatan. Umumnya para guru akan diperkenalkan secara lengkap (nama dan mata pelajaran yang diajarkan) pada sesi kekerabatan.

Ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri I Kauman
Terdapat puluhan ekstrakurikuler di SMA Negeri I Kauman untuk menunjang kegiatan akademik atau intrakurikuler. Dalam MPLS, ekstrakurikuler ini akan diperkenalkan kepada para siswa baru dan umumnya diperkenalkan secara per seksi OSIS yang membawahinya.

Para kakak kelas
Terdapat sesi kekerabatan untuk mengakrabkan diri dengan kakak-kakak kelas di SMA Negeri I Kauman khususnya kakak-kakak kelas yang mengikuti kegiatan OSIS / MPK. Dengan mengenal kakak kelas, para siswa baru diharap dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan lebih baik dan dapat membantu dalam kegiatan akademik mereka.

Fasilitas di SMA Negeri I Kauman
Sejak tahun 2007, melalui MPLS para siswa baru akan diperkenalkan dengan fasilitas-fasilitas yang terdapat di SMA Negeri I Kauman. Fasilitas berupa laboratorium serta ruangan-ruangan khusus diperkenalkan pada sesi khusus yang telah disediakan.

Kehidupan di SMA Negeri I Kauman
Para siswa diajak untuk mengenal kehidupan di SMA Negeri I Kauman melalui MPLS ini.

Kontroversi
MPLS yang sering disamakan dengan Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang sering dianggap sebagai bentuk bully atau perpeloncoan. Walau MPLS merupakan program kerja MPK, akan tetapi guru-guru serta pihak sekolah mengawasi dengan ketat masa MPLS ini untuk menghindari hal-hal yang merugikan seperti penganiayaan fisik. Pihak sekolah membatasi hukuman pada para siswa baru yang melanggar aturan MPLS dengan evaluasi pada ruangan khusus yang disebut ruang detensi. Kegiatan fisik seperti push-up dan sebagainya tidak boleh dijadikan sebagai hukuman.
Pada dasarnya MPLS bertujuan memperkenalkan lingkungan SMA Negeri I Kauman pada murid-murid baru. Berbagai macam tugas yang diterapkan hanya merupakan persiapan mental agar lebih siap menghadapi masa SMA yang akan lebih berat daripada masa SMP. Selain itu, para siswa baru juga diajak untuk berpikir kreatif melalui tugas-tugas yang ada.

Di sisi lain banyak pihak yang kecewa akan penurunan kualitas MPLS dari tahun ke tahun. Penurunan ini ditunjukkan dengan kurang tegasnya hukuman yang diterapkan selama MPLS sehingga para siswa baru cenderung malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh para kakak kelas mereka. Hal ini dianggap akan berdampak pada psikologis para siswa baru yang mudah menyerah dalam menghadapi segala tugas dan tantangan yang ada di masa SMA nanti.
MPK dan MPLS
MPK merupakan penanggung jawab serta perencana kegiatan P2LS ini. MPK merencanakan tema kegiatan, anggaran, kepanitiaan serta susunan acara yang ada di P2LS. Selama masa MPLS, materi yang diajarkan juga dibantu oleh pihak sekolah dan pihak OSIS. Pihak OSIS mempersiapkan bahan pengajaran untuk memperkenalkan organisasi OSIS serta ekstrakurikuler yang terdapat di SMA Negeri I Kauman. Sedangkan pihak sekolah mempersiapkan bahan pengajaran umum seperti aturan SMA Negeri I Kauman serta cara belajar yang efektif di bangku SMA.


Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top