0
Tepat pada tanggal 14 Agustus 2018, seluruh warga SMA Negeri 1 Kauman bersama jajaran MUSPIKA kecamatan Kauman dan perwakilan dari Gugus Depan SD dan SMP se wilayah kecamatan Kauman melaksanakan upacara peringatan Hari Pramuka ke 57 di halaman sekolah SMA Negeri 1 Kauman. Upacara dipimpin oleh Bapak Camat Kauman selaku inspektur upacara. Pelaksanaan upacara peringatan Hari Pramuka ke 57 dengan tema "Pramuka Perekat NKRI" berjalan dengan tertib dan khidmat. 

Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki sejarah yang turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa. Lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan nasional. Sebelum menggema di Indonesia, pramuka telah berkembang terlebih dahulu di Inggris lewat pembinaan remaja yang dilakukan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
Pelopor gerakan kepanduan di Indonesia diawali dengan berdirinya Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang kemudian berubah menjadi Nederlands Indische Padvinders. Pada 1916, S.P Mangkunegara VII membuat organisasi kepanduan sendiri di tanah air, tanpa campur tangan dari Belanda. Organisasi itu diberi nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO) dan merupakan organisasi kepanduan yang pertama di tanah nusantara. Lahirnya JPO menjadi penyemangat berdirinya organisasi kepanduan lain di Indonesia pada saat itu. 
Gerakan Pramuka diperkenalkan secara luas pada tanggal 14 Agustus 1961, sesaat setelah Presiden Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.
Hari ketika gerakan Pramuka diperkenalkan secara luas itulah kemudian diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Pramuka. Pada perkembangannya, Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib bagi siswa kelas tertentu, baik SD, SMP, ataupun SMA.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top