0
SMANSKA 10/06/19_Halalbihalal sudah menjadi tradisi yang bernuansa religius-sosial, setidaknya di Indonesia. Kebiasaan itu mengekspresikan kebahagiaan setelah menjalani hari-hari yang penuh berkah Ramadhan. Umat Islam diliputi rasa syukur, keinginan untuk saling maaf-memaafkan, dan sama-sama berintrospeksi diri.
Halalbihalal berkaitan dengan silaturahim, yang bermakna ‘menyambung kasih sayang.’ Caranya dengan membangun suatu keadaan saling bergantung satu sama lain. Maka dari itu, antarsesama manusia dapat saling memahami dan mengasihi. Silaturahim merupakan sebuah upaya pemulihan karena dalam menjalani kehidupan, seseorang kadang kala melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu hubungan dengan orang lain.

Dengan halalbihalal, habluminannas atau hubungan horizontal dengan sesama manusia (relasi sosial) diperbaiki. Kalau upaya saling maaf-memaafkan tuntas, insya Allah hubungan vertikal habluminallah juga dapat ditingkatkan. Dengan begitu, tujuan puasa Ramadhan, yakni menjadi insan yang bertakwa, dapat tercapai.
Halalbihalal SMAN 1 Kauman dilaksanakan  pada hari Senin 10/06/19 di masjid sekolah diikuti oleh seluruh staf dan tenaga pengajar SMANSAKA  beserta keluarga dan undangan. 
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top