0
SMANSKA, Minggu 11 Agustus 2019 - Sekolah diharapkan tidak hanya memberikan bekal akademis semata, namun juga harus dapat mengajarkan dan menanamkan semangat sosial kepada para siswa. Hal tersebut dapat diaplikasikan dengan berbagai cara. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1440 H, SMA Negeri 1 Kauman melaksanakan Sholat Idul Adha dirangkai dengan kegiatan pemotongan hewan qurban dilanjutkan dengan membagikan daging hewan kurban kepada sesama yang membutuhkan. 
Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran dan cara menanamkan rasa kepedulian serta berbagi dari siswa kepada sesama. Kegiatan tersebut secara rutin dilakukan setiap tahun.
Pada Idul Adha kali ini, hewan qurban SMA Negeri 1 Kauman berupa 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Hewan-hewan kurban tersebut seluruhnya didapat dari hasil sumbangan siswa dan para guru . Daging kurban tersebut kemudian didistribukan kepada warga sekitar sekolah yang benar-benar membutuhkan. 
Setiap sekolah memiliki tanggungjawab untuk membangun karakter anak. Pembentukan karakter tidak dapat diajarkan melalui pendidikan dalam kelas saja, namun melalui kegiatan secara langsung. Berbagai daging kurban, menjadi salah satu aplikasi untuk membangun karakter siswa dalam hal berempati kepada sesama.
Diluar olimpiade dan akademis, sekolah berusaha untuk menanamkan rasa empati dan karakter kepedulian bagi sesama, bukan hanya sebatas nilai saja.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top