0
Untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam pembelajaran dan penilaian HOTS ( High Order Thinking Skills) di SMA Negeri 1 Kauman digelar acara In House Training di Ruang Guru SMA Negeri 1 Kauman. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-29 September 2019. Sebagai Pembicara adalah bapak Basuki Nugroho,S.Pd tenaga pendidik dari SMAN 1 Ngunut   dan Bapak Drs.Gondo Siswojo,M.MPd, Kepala SMAN 1 Kauman. Pembukaan acara dimulai pada pukul 07:30 yang ditandai oleh sambutan Kepala Sekolah SMAN 1 Kauman Drs.Gondo Siswojo,M.MPd dan dilanjutkan oleh Kepala Cabang Dinas Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Tulungagung bapak Solihin, S.Pd, M.Pd .
Pelatihan difokuskan pada pembuatan soal HOTS. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menjawab soal-soal yang membutuhkan tingkat berfikir lebih tinggi. Padahal dalam ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi soal-soal yang diujikan sebagian besar adalah soal HOTS. Untuk bisa menjawab soal-soal HOTS, pembelajaran yang dilakukan di kelas juga harus mengasah kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Maka guru – guru juga perlu dibekali pengetahuan dan latihan membuat perangkat pembelajaran yang HOTS.
Walaupun dalam cuaca yang panas para guru sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Hal ini bisa dilihat dari keaktifan guru-guru dalam mengajukan pertanyaan pada nara sumber dan membuat soal-soal yang HOTS. Kegiatan ditutup dengan praktik pembuat soal-soal HOTS dan dikritisi oleh pemberi materi dan seluruh pseserta IHT.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top