0
Tanggal 1 Oktober merupakan tanggal yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Sebagai bentuk memperingati hari kesaktian Pancasila, SMAN 1 Kauman mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan Upacara ini dilaksanakan di lapangan upacara sekolah dan diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan. Sebagai pembina upacara adalah Kepala Sekolah SMAN 1 Kauman, Drs.Gondo Siswojo, M.MPd
Dalam amanatnya Bapak Drs.Gondo Siswojo, M.MPd mengingatkan tentang sejarah hari Kesaktian Pancasila ,beliau berpesan agar generasi muda terutama siswa/i SMAN 1 Kauman agar tidak melupakan sejarah tentang bangsa ini dimana kala itu bangsa indonesia diadu domba melalui Peristiwa G30S/PKI. Gerakan ini merupakan pemberontakan yang berusaha untuk mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis. Ada pemandangan berbeda dalam pelaksanaan upacara kali ini ketika bapak Kepala Sekolah menawarkan hadiah kepada siswa, siapa saja yang bisa menjawab pertanyaan dari beliau, tentang makna dari kesaktian Pancasila. Dengan antusias beberapa siswa berupaya menjawab dan menjelaskan pertanyaan tersebut.

Masih dalam satu rangkaian kegiatan yang sama, setelah selesai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilanjutkan dengan acara penyerahan tropi dan piala atas capaian prestasi  siswa-siswi SMAN 1 Kauman; yang pertama adalah penyerahan piala dari siswa ke pihak sekolah atas prestasinya sbagai juara 3 dalam "festival bahasa dan sastra" dalam 2 cabang, yaitu mocopat dan sesorah yang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang.
Kedua adalah penyerahan piagam penghargaan dari SMAN 1 Kauman kepada perwakilan kelas sebagai pemenang dalam lomba olahraga trasdisional dan pentas seni  dalam rangka kegiatan mengisi Pekan Tengah Semester (PTS)

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top