0
Ratusan peleton dengan kostum unik  mengikuti Baris Kreasi Napak tilas Ketandan-Bonorowo Tulungagung, sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung ke-814, Kamis (22/11/2019) lalu. Dengan start di depan kantor UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga Kecamatan Kauman menuju pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso ,Tulungagung.
Gerak jalan Ketandan- Bonorowo merupakan Napak tilas sejarah Kabupaten Tulungagung.
Dulu Kabupaten Tulungagung bernama Ngrowo, dengan ibu kota Kabupaten di Kalangbret masuk wilayah Kecamatan Kauman. Dengan berbagai pertimbangan, ibu kota Kabupaten Ngrowo kemudian dipindah dari Kalangbret ke kota Baru (Kuho Anyar). Boyongan dari Kauman Kalangbret  ke ibu kota baru ini akhirnya diperingati setiap tahun dengan  Napak tilas  untuk mengenang lahirnya kota baru harapan baru bernama Tulungagung.
Dengan menampilkan kostum tradisional bertema hulu balang atau prajurit kraton, SMA Negeri 1 Kauman tampil dengan kompak. Meskipun cuaca sepanjang hari cukup terik, anak-anak SMANSAKA tampil dengan penuh semangat dan memukau.
Meski sarat dengan kegembiraan ,gerak jalan ini bernuansa sejarah ,diharapkan masyarakat lebih mengenal sejarah kotanya sendiri. Para peserta baris Kreasi berusaha menampilkan kostum tradisional se- unik mungkin meski ada juga yang mengenakan pakaian modern tradisional ,namun kesemuanya nampak ceria mengikuti lomba hingga garis finish.


Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top