0
SMANSAKA – Pembukaan Kompetisi Sains tingkat SMA se-Kabupaten Tulungagung bertempat di halaman  SMA Negeri 1 Kauman. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat dan staff dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Tulungagung, para guru pembimbing, dewan juri, dan guru pengawas. Kompetisi Sains tingkat Kabupaten/Kota ini  memperlombakan sembilan bidang studi, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
Menempati beberapa ruang kelas di SMAN 1 Kauman, Kompetisi Sains dilaksanakan dalam satu hari, dilanjutkan kegiatan koreksi oleh tim korektor pada hari berikutnya.
Kompetisi  Sains ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba/kompetisi baik nasional maupun internasional. Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, Kompetisi Sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengekplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya.
Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara juara Kompetisi Sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top